Jumat, 15 Mei 2009

Evaluasi Layanan Perpustakaan oleh Wiyono, S.IPI

EVALUASI LAYANAN PERPUSTAKAAN


DIKLAT : Layanan Perpustakaan
NAMA PENGAJAR : Wiyono, S.IPI .
HARI/TANGGAL : Sclasa, 15 Juli 2008
WAKTU : 48 Jam Pclajaran (Tanggal 1 - 17 Juli 2008)



A. Soal pilih salah satu jawaban yang paling tcpat, dengan cara niclingkari huruf a, b. c.

1. Tujuan utama perpustakaan memberikan layanan balian pustaka kcpada pemakai/pembaca adalah:
a. Agar perpustakaan terscbut dikenal oleh masyarakat
b. Agar bahan pustaka yang telah di kelola dapat dimanfaatkan olch masyarakat
c. Agar dapat dikctahui kesalahan dalam pengolahan bahan pustaka

2. Perpustakaan yang koleksinya terbatas pada satu dan dua disiplin ilmu disebut:
a. Perpustakaan khusus
c. Perpustakaan Akademi
b. Perpustakaan Departemen

3. Unsur penggcrak dan penyelenggara kegiatan layanan adalah :
a. Pemakai
b. Pustakawan
c. Jenis koleksi

4. Layanan yang secara tidak langsung memberikan layanan kepada pembaca adalah:
a. Layanan teknis
b. Layanan rujukan
c. Layanan sirkulasi

5. Sistem layanan terbuka (open acces) sangat cocok unluk :
a. Perpustakaan Nasional
c. Perpustakaan Khusus
b. Perpustakaan Sckolah

6. Salah satu kelebihan akses layanan tertutup (close acses) adalah:
a. Menghcmat tenaga pustakawan
b. Kemungkinan kehilangan koleksi sangat kecil
c. Petugas perpustakaan lebih sibuk

7. Layanan peminjaman untuk dibawa pulang pembaca disebut layanan:
a. Sirkulasi
b. Rujukan
c. Silang layang

8. Sistem peminjaman menggunakan tiket yang diberikan kepada setiap anggota perpustakaan disebut:
a. Sistem Newark
b. Sistem Browne
c. Sistem Slip

9. Untuk mencari nama dan sejarah tempat, digunakan buku rujukan :
a. Kamus
b. Gezetter
c. Ensiklopcdi

10. Berikut ini adalah unsur-unsur dari laporan yang harus dibuat tiap tahunnya. kecuali:
a. Kenggotaan
b. Koleksi yang dipinjam
c. Sistem pengcloaan

11. Komunikasi dapat berlangsung antara individu lainnyaapabila :
a. Ada kesamaan makna
b. Ada perbedaan pendapat
c. A dan B

12. Prinsip-prinsip komunikasi dalam layanan perpustakaan diperlukan....
a. Jelas, lengkap dan singkat
c. Terbuka, padat dan ringkas
b. Singkat, tertutup dan padat

13. Dalam menyampaikan komunikasi ada beberapa hal yang perlu dipcrhatikan
a. Penampilan, pengetahuan & kenyamanan
b. Pengusaan masalah, pengusaan bahasa & penampilan
c. Pengetahuan, penampilan & menarik perhatian.

14. Untuk menyampaikan pesan komunikasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan...
a. Bahasa yang jelas dan gamblang, positif dan seimbang
b. Bahasa yang singkat, lugas dan sopan
c. Bahasa yang umum, tidak ekstrem dan di mengerti.

15. Dalam berkomunikasi ada hambatan yang terjadi, hal ini disebabkan....
a. Tidak mengusai masalah
b. Tidak ramah dan bahasa tidak dimengerti
c. Pemakaian bahasa tidak dimengerti dan gangguan teknis

B. Soal essay jawab dengan singkat dan jelas

1. Sebutkan pengertian, tujuan dan fungsi layanan perpustakaan ?

2. Ada 3 (tiga) jenis akses dalam layanan perpustakaan. Jelaskan masing-masing ke tiganya tersebut ?

3. Dalam layanan perpustakaan ada 2 (dua) jenis layanan perpustakaan. sebutkan dengan jelas ?

4. Dalam menciptakan kegiatan layanan yang baik diperlukan unsur-unsur penunjang yang mendukung kegiatan layanan di perpustakaan. Sebutkan unsur-unsur penujangnya ?

5. Sebutkan prinsip-prinsip layanan komunikasi dalam layanan perpustakaan Jelaskan dengan singkat ?

6. Syarat-syarat kepribadian seorang pustakawan ada dua. Sebutkan dengan jelas ?

7. Dalam mutu kepribadian dalam layanan perpustakaan ada 4 (empat). Sebutkan dengan jelas ?


SELAMAT MENGERJAKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar