Jumat, 15 Mei 2009

Sejarah berdirinya IKALIPSI

SEJARAH BERDIRINYA

Keberadaan alumni sebagai alumni Universitas adalah melanjutkan upaya pencapaian visi dan misi Universitas di dalam setiap tingkat kehidupan, bekerja, bemasyarakat, dan bernegara. Tujuan Organisasi Alumni adalah menggalang potensi anggota untuk berperan serta mewujudkan visi dan misi secara material maupun moril, mempererat dan membina rasa kekeluargaan di antara civitas akademika (warga). Universitas pada umumnya dan alumni khususnya. Selain untuk melanjutkan usaha pencapaian visi dan misi Universitas ditengah-tengah kehidupan masyarakat, bangsa, dan bernegara, Organisasi Alumni meningkatkan pengetahuan tentang pengembangan dan pengamalan ilmu.

Sebagai wadah dari Alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Yarsi maka didirikan suatu organisasi alumni yang disebut "IKALIPSI". IKALIPSI ( Ikatan Alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Yarsi) didirikan pada tahun 2004. Sebagai pemrakasa organisasi alumni ini adalah (Aim) Dra. Hj. Soewartini, MSi. Pada saat itu sebagai Ketua: Haryanto S.IPI, Wakil Ketua: I Wayan Suawa,S.Pd, S.IPI; Sekertaris: Yon Firzal S.IPI, Wakil Sekretaris: Siti Nurningsih S.IPI; Bendahara: Yanuartrid Shintawati S.IPI, M.Si, Wakil Bendahara: Stansye A. Tangkawarow A.Ma, S.IPI, komisi organisasi dan keanggotaan: Taufik Budi Sutrisno S.IPI; komisi dana dan publikasi: Widi Astuti A.Md S.IPI; komisi penelitian dan pengembangan: (Aim.) Sudarso S.IPI; komisi pengabdian masyarakat: Sudarmiyati S.IPI; dan Komisi peningkatan kesejahteraan anggota: Yuliatri Bunga S.IPI; serta anggota IKALIPSI, Penasehat: Dekan (Pjs) Prof. Dr. H. Asri Rasad Msc. Phd. dan Ketua Program Studi Ilmu Perustakaan dan Informasi (Aim) Dra. Hj. Soewartini, MSi, Pengawas: H. Zulfikar Zen MA; Dra. Hj. Lifanur Asri Rasad M.Pd; Hj. Sri Soenarni Pringgoutomo MLS; Dra. Hj. Endang Indrati s. M.Sc; dan Hj. Siti Sumamingsih M.Lib, dan sebagai Pembina: Rektor Prof. Dr. H. Asri Rasad Msc. Phd.

Dalam perkembangannya dikarenakan kesibukan masing-masing pengurus sampai dengan tahun 2008 IKALIPSI kurang dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pada akhir tahun 2008 ada beberapa alumni mengusulkan agar IKALIPSI dapat berjalan kembali. Inisiatip tersebut ditanggapi dengan baik oleh pengurus dan direncanakan pada awal tahun 2009 akan diadakan pertemuan seluruh anggota IKALIPSI.

Sebelum diadakan acara tersebut akan diadakan persiapan/pertemuan pengurus untuk merencanakan agenda pertemuan, kapan, dimana, visi, misi dan lain sebagainya. Dengan rancangan yang matang diharapkan Insyaallah tahun 2009 ini IKALIPSI dapat kembali aktif berjalan sesuai visi dan misinya sebagai wadah Alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Yarsi yang semua kita banggakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar